Virtual Machine di Hyper-V Nyangkut?

Bagi anda yang pernah mengalami kondisi ini, kira-kira gambarannya adalah seperti di gambar berikut:

Nah, baik menggunakan Hyper-V pada Windows Server 2008 maupun Windows Server 2008 R2, tentunya kondisi menyebabkan anda bingung. Yeap, ada beberapa virtual machine yang kondisinya nyangkut alias sudah nyala, tapi tidak hidup-hidup.

Beberapa hal yang pertama sering dicoba untuk melakukan solve terhadap kasus ini adalah dengan melakukan restart, baik restart services maupun restart server secara keseluruhan. Namun, bagaimana jika hasilnya nihil? Dan di Event Viewer pun tidak nampak ada clue yang bisa membantu.

Trik sederhana. Coba cek Task Manager anda. Lihat pada Performance, ternyata aman-aman saja:

Harapan terakhir ada pada tab Process. Jika diperhatikan dengan seksama, setiap virtual machine yang berada dalam kondisi menyala (baik normal maupun tidak normal), akan mempunyai sebuah proses yang dinamakan vmwp.exe yaitu proses Virtual Machine Worker Process:

Kalau diperhatikan lebih jeli lagi, proses yang sama mempunyai konsumsi memori yang berbeda. Pada gambar terdapat dua kondisi berbeda yaitu sebuah proses yang memakan memori sebesar kira-kira 10000 K dan 4000 K. Nah, jika kita lakukan komparasi berapa banyak jumlah proses dengan konsumsi memori tertentu dengan jumlah virtual machine yang sudah running ataupun yang sedang stuck, maka didapatkan sesuatu, yaitu virtual machine yang sedang stuck mempunyai konsumsi memori yang lebih kecil daripada virtual machine yang sedang berjalan dalam kondisi normal.

Cara mengatasinya, cukup kill proses dari virtual machine yang nyangkut tersebut, lalu lihat pada Hyper-V manager anda, semua virtual machine akan berada dalam kondisi running:

 

Dan jika kita perhatikan kembali konsumsi memori pada setiap proses, ukurannya sama:

NB: Konsumsi memori tiap virtual machine tidak selalu 10000 K, tapi bisa berbeda tergantung kebutuhan dan konfigurasi virtual machine.

Salam,

Raymond Engelbert

One thought on “Virtual Machine di Hyper-V Nyangkut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *