SQL Server Untuk 1 PetaByte data?

Membicarakan TeraByte saja sudah lumayan wah, apalagi PetaByte. Jumlah data sebesar itu tentunya perlu diimbangi dengan sistem yang handal. Ketika saya sedang menjelajahi internet, saya menemukan satu hal yang membuat saya sedikit kaget.

SQL Server semenjak versi 2005 telah merambah lingkungan Enterprise, alias sudah sanggup untuk menangani pemrosesan data yang besar. Kalau kita lihat, rata-rata pemrosesan data di kisaran GigaByte sampai TeraByte sudah umum, namun jika pemrosesan data sampai satuan PetaByte tentunya menarik untuk ditelusuri. Memang, perusahaan berskala besar yang menyediakan layanan publik maupun layanan sosial secara gratis pastilah terbayang berapa banyak & seberapa handal database yang mereka punya untuk menjamin layanan tersebut tetap diminati oleh publik.

Satu studi kasus mengenai SQL Server 2005 di salah satu portal sosial yaitu MySpace yang mana menggunakan SQL Server Service Broker untuk menjamin integritas data sebesar 1 PetaByte yang disebar ke 440 Instances, menarik untuk dibaca.

Studi kasus tersebut bisa dibaca di website Microsoft Case Studies: http://www.microsoft.com/casestudies/Case_Study_Detail.aspx?casestudyid=4000004532. Semoga bisa menjadi referensi, bagaimana integritas data dilakukan di portal-portal sosial yang sudah terkenal. Saya yakin, tidak hanya MySpace saja yang mempunyai pemrosesan data sebesar itu, namun situs jejaring sosial lainnya yang populer tentunya mempunyai hal yang sama. Ini membuktikan bahwa teknologi Database yang ada sekarang sudah mampu menangani pemrosesan data yang sangat besar.

Salam,

Raymond Engelbert

One thought on “SQL Server Untuk 1 PetaByte data?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *